oleh

Ratusan Ribu Liter Air Bersih Disalurkan Pelindo Via ACT Sumsel

Securitynews.co.id, PALEMBANG-  Puluhan warga di Desa Pangkalan Panji dan Desa Tanjung Agung, Banyuasin, Sumatera Selatan, bergegas meletakkan ember-embernya di pinggir jalan ketika armada Humanity Water Tank ACT melintas.

Berkolaborasi dengan PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II, pendistribusian ratusan ribu liter air bersih ini menjadi jawaban dari kekeringan yang melanda kedua desa tersebut. Apalagi  sudah hampir tiga bulan kemarau dan menyebabkan kekeringan dan krisis air bersih.

“Air bersih susah di sini, biasanya kami beli air di tangki-tangki yang datang, tapi tangkinya tidak setiap hari datang ke sini. Jadi harus berhemat untuk penggunaannya ya untuk masak dan untuk minum. Alhamdulillah, hari ini bisa mendapatkan air gratis. Jadi kami bisa terbantu untuk beli air, terima kasih untuk Pelindo dan ACT yang sudah memberikan air bersih hari ini,” kata Agus, salah satu warga yang sedang menunggu ember-embernya penuh air pada Senin (11/11).

Sedikitnya 105.000 liter air bersih diamanahkan oleh PT Pelindo II via ACT Sumsel untuk distribusikan kepada warga yang kesulitan air bersih. Distribusi air bersih sendiri dibagi menjadi dua tahap, yang pertama dilaksanakan pada hari ini, Senin (11/11) berlokasi di Kecamatan Banyuasin dan selanjutnya akan dilaksanakan pada tanggal (16/11) mendatang.

Sebelumnya, PT Pelindo II juga telah mendistribusikan air bersih dengan jumlah yang sama yaitu 105.000 liter untuk membantu warga yang membutuhkan air bersih di Ogan Ilir, Sumsel. Lukman selaku Kepala Bagian SDM PT Pelindo II mengatakan bahwa bantuan air bersih dari PT Pelindo kali ini merupakan komitmen mereka dalam upaya mengatasi dampak kekeringan yang terjadi di Sumsel.

”Alhamdulillah, PT Pelindo II kali ini kembali menyalurkan bantuan air bersih untuk warga yang membutuhkan, dan ini merupakan amanah dari teman-teman Maziska Pelindo. Insya Allah melalui teman-teman ACT semoga menjadi berkah untuk kita semua,” jelas Lukman.

Selain memberikan bantuan air bersih melalui ACT Sumsel, PT Pelindo II memang telah banyak berkontribusi untuk di bidang pemberdayaan masyarakat. Juli lalu, Maziska PT Pelindo II meresmikan bantuan sumur wakaf dilengkapi dengan fasilitas MCK dan pipanisasi untuk warga di Dusun Air Itam, Pulokerto, Sumsel. Selain itu dalam waktu dekat sumur wakaf kedua juga akan segera dibangun oleh PT Pelindo II berlokasi di Kabupaten Ogan Ilir, Sumsel.

Reza Ardiansyah, selaku anggota Tim Program ACT Sumsel mengatakan bahwa program distribusi air bersih ini merupakan salah satu program ACT yang telah berlangsung sejak bulan Juli lalu. “Hingga kini kemarau dan kekeringan masih dirasakan oleh masyarakat di Sumsel. Alhamdulillah air bersih hari ini kembali dihadirkan oleh PT Pelindo II untuk membantu warga yang membutuhkan, semoga menjadi berkah,” jelas Reza.

“Bagi para dermawan yang berniat menyalurkan kepeduliannya bisa mengunjungi tautan bit.ly/DermawanSumselBantuKekeringan. Insya Allah, donasi yang terkumpul akan disalurkan untuk saudara-saudara kita yang masih dilanda krisis air bersih,” tambah Reza.

 

Laporan             : Akip

Editor/Posting : Imam Ghazali

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed