PWI dan Ormas Pemuda Bersinergi Dukung Pemerintah Lawan Covid-19 di Muba

Securitynews.co.id, MUBA- Wabah Covid-19 serta penanganan tetap terus menjadi fokus utama Bupati Dr Dodi Reza Alex Noerdin sebagai kepala daerah di Kabupaten Musi Banyuasin.

Untuk tujuan mulia tersebut, Bupati Dr H Dodi Reza Alex Noerdin tidak bergerak sendiri, dia melibatkan semua unsur elemen di Muba untuk all out melawan Covid-19 ini.

Pada kesempatan ini, Bupati Dodi Reza mengajak kepada ORMAS, LSM, PMI, PWI , IKM, FBBI, Dewan Pengurus Pusat Persatuan Ormas Muba (POM) Covid-19, para tokoh agama, tokoh masyarakat/ Pemuda Kabupaten Muba untuk semua terlibat dalam melawan Covid-19.

Menurut Dodi, dalam menghadapi Covid 19 atau Corona tersebut, sudah menjadi kewajiban bersama untuk mengedukasi masyarakat agar masyarakat Kabupaten Muba selalu berprilaku hidup bersih, sehat dan menaati protokol kesehatan agar wabah Covid-19 tidak terus meluas di sekitar kita. ”Kalau bukan kita siapa lagi yang akan mengingatkan semua warga kita. Dalam hal memerangi Covid-19 ini bukan hanya tugas Pemerintah dan Gugus Tugas saja. Semua elemen punya tanggung jawab sama. Kita terlibat bersama. Oleh sebab itu,
saya mengajak ayo kita edukasi terus masyarakat di masa transisi dalam menghadapi tatanan kehidupan new normal life. Dorong masyarakat kita untuk selalu menerapkan pola hidup bersih dan sehat pakai masker demi memutus mata rantai penularan. Jangan pernah lalai kita tentang disiplin menerapkan protokol kesehatan ini,” paparnya.

Untuk itu, demi tetap menjaga kenyamanan dan keselamatan rakyat Muba, serta mendukung Pemkab Muba melawan dan menekan penyebaran virus Corona atau Covid-19 ini, bulan lalu (18/06/2020), Ormas Musi Banyuasin (POM) Covid-19 Musi Banyuasin melakukan sosialisasi dan edukasi kepatuhan perusahaan taati protokol kesehatan ke PT Manggala Alam Lestari (MAL) di Kecamatan Bayung Lencir.

Tidak hanya itu, tim Ormas, LSM, dan pemuda juga tidak pernah lelahnya melakukan edukasi kepada warga dan sosialisasi gerakan hidup bersih dan sehat serta melakukan penyemprotan disinfektan di wilayah Kabupaten Muba.

Seperti yang disampaikan oleh Ketua Ormas POM Covid-19 Kurniadi bersama Penasehat POM Covid-19 Alamsyah dan Anggota Satoto Waliun saat mengedukasi dan melakukan penyemprotan, Rabu (1/7/2020). Dia mengatakan bahwa dirinya juga mengatakan bahwa akan terus mengedukasi dan mendorong masyarakat untuk selalu menerapkan pola hidup bersih demi memutus mata rantai penularan, agar wabah Covid-19 tidak terus meluas.

“Kita dari organisasi masyarakat bagian dari Gugus Tugas sesuai dengan surat tugas yang diembankan terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat mulai pasar, kalangan, dan semua perusahaan di Kab. Muba. Kegiatan kami ini bekerja sama dengan pihak terkait. Di antaranya, Disnakertran, Disprindag dan DPMD. Kami akan terus bersinergi dengan Pemkab Muba dalam penanganan dan edukasi wabah Covid-19 ini, sehingga warga Muba terhindar dari penularan wabah Covid ini,”terangnya.

Dikatakan Kurnaidi, pihaknya tersebut telah membagikan timnya menjadi 4 tim yang tersebar di 15 kecamatan. “Dari 15 kecamatan yang ada di Muba, sudah disosialisasikan sebanyak 12 kecamatan. Dan dalam waktu dekat ini semua desa akan rampung disosialisasikan. Kegiatan ini merupakan gerakan disiplin diri. Harapan kami Muba masuk dalam kategori Kabupaten transisi Zero Covid 19. Semoga wabah Corona ini cepat berlalu dan kita masyarakat Muba kembali dapat beraktivitas kembali,” tegasnya.

Senada, Ketua PWI Muba Herlin Kosasi mengatakan PWI Cabang Kabupaten Muba terus melakukan sosialisasi pencegahan penularan Covid-19 sebagai wujud dukungan dan supportnya terhadap Pemkab Muba.

“Saya selaku Ketua PWI Muba menilai kinerja gugus tugas menangani Covid-19 di Musi Banyuasin sudah sangat optimal dilakukan. Di saat daerah lain sudah mulai kendor, gugus tugas penanganan Covid Muba tetap terus konsisten melaksanakan tugas, semoga wabah Corona ini cepat berlalu, dan kita bisa kembali beraktivitas lagi seperti biasanya,” katanya.

Candra Ketua Karang Taruna Muba mengatakan pihaknya saat ini telah menyiapkan program salah satunya roadshow kampanye sosial berperilaku hidup sehat dan bersih di tengah berdampingan dengan Covid. Selain pada itu kita juga akan terus bergandengan dengan pemerintah dari semua tingkatan. Saya atas nama Ketua Karang Taruna Muba sangat mendukung langkah-langkah Gugus Tugas dalam hal penangan Covid-19. Kita harapkan untuk selalu semangat dalam hal bekerja bersama dalam hal memerangi wabah Virus Corona ini,” tandasnya.

Laporan : Soni
Editor/Posting : Imam Ghazali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *