Proyek Restorasi Sungai Sekanak Lambidaro Capai 17 Persen Progres Baru

Securitynews.co.id, PALEMBANG- Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) VIII Sumatera Kementerian PUPR mulai mengerjakan fisik proyek restorasi Sungai Sekanak Lambidaro. Saat ini progres baru mencapai 17 persen ditargetkan tahun ini selesai.

Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Sumatera (BBWSS) VIII, Ir Birendrajana mengatakan, pihaknya akan konsentrasi pada pembangunan penguatan di pinggiran sungai. “Kendalanya dalam utinitas yang ada masih di sisi kanan sungai. Makanya, kita memintakan bantuan Pemkot Palembang,” ucap Birendrajana, saat ground breaking pengerjaan restorasi Sungai Sekanak Lambidaro di halaman Kantor Pemasaran Perumnas 26 Ilir, Rabu (05/05/2021) kemarin.

Ia menjelaskan, proyek yang menelan dana sebesar Rp 380 miliar, saat ini sudah dikucurkan sebesar Rp 38 miliar. Rencananya untuk pengerjaan tahap kedua dilakukan sepanjang 500 meter.
Di sisi lain, dari utilitas yang menjadi kendala, pihaknya juga meminta Pemkot Palembang untuk bergerak cepat menyosialisasikan mengenai ganti rugi lahan warga. “Kita inginkan agar secepatnya ganti rugi cepat dilakukan sehingga pengerjaan dapat berjalan cepat, sesuai pelaksanaan” jelasnya.

Sementara itu, Walikota Palembang, Harnojoyo mengatakan, saat ini proyek restorasi sungai yang masuk dalam perencanaan pembangunan nasional itu, telah rampung sepanjang 1 kilometer yang dimulai dari muara Sungai, tepatnya di samping Kantor Walikota Palembang hingga ke Jembatan Karang.

“Ini pengerjaan tahap kedua, sebelumnya sempat terhenti di tahun 2020,” ungkap Harno.
Untuk ganti rugi lahan, pihaknya telah menganggarkan melalui Dinas Pekerjaan Umum (PU).

Laporan : Wiwin
Posting : Imam Ghazali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *