oleh

PLN Dukung Pelestarian Fauna dan Pelatihan Gajah

BANYUASIN  | Kawasan Padang Sugihan di Kabupaten Banyuasin ditetapkan sebagai Suaka Margasatwa (SM) sesuai SK penetapan Kepmenhut Nomor : 2858/Menhut-VII/KUH/2014 tgl 16 April 2014 seluas 88.148,05 hektar.

Dalam upaya pelestarian fauna di Pusat Latihan Gajah Padang Sugihan Kab. Banyuasin Provinsi Sumatera Selatan, Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) melakukan penggiringan populasi gajah dengan membuat Pusat Latihan Gajah.

Kondisi kesiapan SDM Pawang Gajah Padang Sugihan ini belum memadai dalam pengelolaan sebagai Ekowisata sehingga sangat memerlukan pelatihan untuk meningkatkan kapabilitas dan kapasitas SDM Pawang Gajah.

Untuk kerjasama ini sendiri, PLN UPDK Keramasan ULPL Merahmata telah bekerjasama dengan BKSDA sejak 2019 lalu. Bantuan Instalasi Pengelolaan Air bersih pada tahun 2020 kemarin dan bantuan peningkatan kompetensi pawang gajah pada 2021 ini.

Dalam kesempatan tersebut di hadiri, GM PLN Unit Induk Pembangkitan Sumatera Bagian Selatan, Djoko Mulyono dan Manager PLN UPDK Keramasan, Daryanto dan secara langsung menyerahkan bantuan CSR senilai Rp 75.000.000,- kepada Kepala Balai BKSDA Provinsi Sumatera Selatan, Ujang Wisnu Barata,S.Hut,M.Sc,M.Si.

GM PLN Unit Induk Pembangkitan Sumatera Bagian Selatan, Djoko Mulyono mengungkapkan, dengan adanya pusat latihan ini bisa menjadi wisata baru.

“Pusat Latihan Gajah ini diharapkan dapat menjadi wisata baru di Sumatera Selatan, serta dapat meningkatkan pendapatan dan taraf hidup masyarakat sekitar,” ungkapnya.

Sementara, Manager PLN UPDK Keramasan, Daryanto sangat mendukung pelestarian fauna.

“PLN mendukung pelestarian fauna langka di Sumatera Selatan,” bebernya singkat. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed