oleh

PGK, Pemuda, dan Mahasiswa Dukung Kinerja Bawaslu Tangkal Money Politik dan Ujaran Kebencian

Securitynews.co.id, KAYUAGUNG- ”Deklarasi DPD PGK OKI, Pemuda, dan Mahasiswa ini merupakan bentuk dukungan kita terhadap kinerja Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) OKI dalam upaya meningkatkan progresivitas Bawaslu dalam menangkal gerakan money politik, ujaran kebencian dan berita hoax,” ujar Ketua DPD Perkumpulan Gerakan Kebangsaan (PGK) OKI Achik Muhrom S.Sos usai kegiatan Ngopi Kebangsaan bersama para narasumber dari Bawaslu OKI, para pemuda dan mahasiswa serta perwakilan masyarakat OKI di Cafe PM Kayuagung, Selasa (13/10/2020).

Lanjut dia, kegiatan ini merupakan salah satu program kerja (proker) DPD PGK OKI guna membantu menyukseskan program-program pemerintah dan berupaya mengajak para pemuda, mahasiswa, dan masyarakat agar dapat berpartisipasi dalam menyukseskan dan mengawasi jalannya demokrasi dan ikut serta melakukan pencegahan terhadap gerakan money politik. Ujaran kebencian dan berita hoax yang dilakukan oleh oknum-oknum atau pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab dalam pelaksanaan pemilu presiden, pilkada dan pileg yang akan datang.

Menanggapi kegiatan tersebut, Ketua Bawaslu OKI Ihsan Hamidi mengatakan, kegiatan hari ini merupakan bentuk antisipasi terhadap pelaksanaan pemilu presiden, pilkada dan pileg yang Inshaallah akan dilaksanakan pada tahun 2023. Jadi sejak dini kita harus cipta kondisi mempersiapkan masyarakat salah satunya simbol dan mahasiswa, pemuda dan masyarakat untuk menjadi bagian partisipatif yang muncul dari masyarakat itu sendiri.

Untuk itu kita sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh DPD PGK OKI. “Kita apresasi kegiatan ini, karena kegiatan ini sangat membantu Bawaslu OKI dalam menyosialisasikan pengawasan partisipatif ke tengah-tengah masyarakat melalui kegiatan yang di inisiasi oleh DPD PGK OKI,” ungkapnya.

Kita berharap agar kegiatan ini bisa diteruskan bahkan menjadi kegiatan yang masif di tengah-tengah masyarakat. “‘Harapan kita, upaya untuk menangkal money politik, ujaran kebencian dan berita hoax itu menjadi sebuah kebiasaan baru di masyarakat dan masyarakat yang melihat pelanggaran itu agar segera melakukan upaya-upaya baik upaya preventif (pencegahan) maupun upaya pelaporan ke Bawaslu. Yang jelas kita bekerja sesuai tupoksi Bawaslu itu sendiri yakni pencegahan, pengawasan dan penindakan,” jelasnya.

Tentunya ke depan mahasiswa, pemuda, dan masyarakat bisa dilibatkan secara langsung maupun tidak langsung. Secara langsung yakni melalui lembaga-lembaga resmi seperti panwascam, bida melalui PGK, pengawas desa, tentu seperti regulasi yang ada. Mengikuti ketentuan yang ada maupun secara tidak langsung atau tidak resmi yakni mereka yang tidak resmi menjadi penyelenggara tetapi mereka bagian dari masyarakat yang ikut mengawasi, punya kepentingan terhadap demokrasi yang bersih, sehingga membawa demokrasi yang menciptakan pemimpin-pemimpin yang baik dan berkualitas baik Presiden, DPR, DPRD provinsi/kabupaten/kota, gubernur maupun bupati dan wakil bupati, itu yang kita harapkan.

Adapun deklarasi yang disampaikan DPR PGK OKI, pemuda dan mahasiswa yakni 1. Mendukung pihak bawaslu dalam meningkatkan pengawasan pemilu yang “Jurdil” dan profesional. 2. Mengecam dengan keras segala bentuk tindakan yang mencederai hak demikrasi rakyat, 3. Memerangi gerakan money politik, ujaran kebencian dan berita hoax secara keras, dan 4. Mengajak eeluruh pemuda, mahasiswa dan masyarakat OKI dalam mendukung bawaslu dalam meningkatkan progresivitas bawaslu dan menangkal gerakan money politik, ujaran kebencian dan berita hoax.

Kegiatan tersebut selain dihadiri Ketua Bawaslu OKI Ihsan Hamidi SAg MPd.I yang juga selaku Koordinator divisi (kordiv) pengawasan pada Bawaslu OKI juga dihadiri beberapa Kordiv Bawaslu OKI lainnya seperti, Muhammad Fahrudin SH (kordiv penanganan pelanggaran), Hadi Irawan SH.I (kordiv hukum dan datim), Ayong Hendra SH.I (kordiv sengketa), dan Muhammad Kaprowi ST selaku koordinator divisi SDM dan organisasi. Untuk para peserta yakni dari para perwakilan pemuda dan masyarakat OKI yang sempat hadir serta para mahasiswa UNISKI Kayuagung, dan mahasiswa IMPATI dan mahasiswa lainnya.

Laporan : Aliaman/Redy
Editor/Posting : Imam Ghazali

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed