Pertumbuhan Ekonomi Tertinggi di Sumatera, Deputi BI Kagumi HDMY

Securitynews.co.id, PALEMBANG – Sepak terjang Gubernur Sumsel H. Herman Deru dan Wakil Gubernur Sumsel H. Mawardi Yahya (HDMY) memperbaiki perekonomian di Sumsel terus mendapat pengakuan dari berbagai pihak. Salah satunya seperti diungkapkan Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI), Erwin Rijanto baru-baru ini.

Dikatakan Erwin, saat ini pertumbuhan ekonomi Sumsel bukan hanya menjadi yang tertinggi se- Sumatera mencapai 5,71% bahkan melampaui nasional 5,02, namun pertumbuhan ekonomi Sumsel di bawah kepemimpinan HDMY juga diakuinya berkualitas. Hal itu salah satunya ditunjukkan dengan terkendalinya besaran inflasi sepanjang hampir dua tahun terakhir.

“Kita patut bersyukur bahwa di tengah berbagai tantangan kondisi perekonomian kita masih mencatat kinerja positif. Di bahwa kepemimpinan Gubernur Sumsel pertumbuhan ekonomi tercatat tertinggi di Sumatera sebesar 5.71. persen. Ini menandakan bahwa aktivitas ekonomi Sumsel berlangsung cukup baik,” jelas Erwin saat memberikan sambutan pada upacara pengukuhan Kepala BI Perwakilan Sumsel, di Kantor BI, Jumat (14/2/20) pagi.

Lebih jauh kata Erwin, dilihat dari sisi pengendalian inflasi, saat ini tingkat inflasi Sumsel yang terkendali tidak lepas dari sinergitas BI dan TPID melalui berbagai upaya serta koordinasi antara Pemda dan instansi terkait.

“Provinsi Sumsel yang mampu menjaga inflasi tetap rendah sekaligus menunjukan pertumbuhan ekonomi yang cukup tinggi ini menunjukkan bahwa pertumbuhan ekonomi di Sumsel adalah pertumbuhan ekonomi yang berkualitas,” jelasnya.

Lebih jauh Erwin Riyanto mengatakan pengalihan tugas hari ini adalah upaya strategis BI dalam melakukan transformasi SDN. BI menurutnya berupaya mendudukkan SDM untuk mengikuti dinamika dan perkembangan di wilayah masing-masing.

“Kami juga berkeinginan meningkatkan peran partisipasi sebagai mitra strategis pemerintah daerah dalam mewujudkan pengembangan ekonomi dan keuangan yang lebih baik ke depan,” ujarnya.

Saat ini kata Erwin, kepemimpinan BI di Sumsel akan dilanjutkan saudara Hari Widodo yang sudah memiliki bekal yang sudah sangat cukup. Bahkan pihaknya percaya akan kemampuan Hari meningkatkan prestasi di Sumsel.

“Peran BI dalam memajukan perekonomian di daerah tentunya semakin penting di tengah ketidakpastian global dan pelemahan ekonomi akhir-akhir ini. Terutama dari sisi ekterbal seperti pertumbuhan ekonomi dunia menurun drastis bahkan dengan adanya perang dagang yang berdampak buruk bagi perekonomian di banyak negara,” jelasnya.

Menyikapi semua itu kata Erwin perlu transformasi ekonomi untuk mendukung peningkatan efisiensi dan daya saing pada penyerapan tenaga kerja, dan sumber-sumber pertumbuhan dalam negeri perlu ikut dikembangkan. Termasuk juga Inovasi digital yang diarahkan untuk mencapai efisiensi melalui integrasi ekonomi dan keuangan sebagai salah salah satu sumber pertumbuhan.

Di tempat yang sama Wakil Gubernur Sumsel H. Mawardi Yahya menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Kepala BI Sumsel yang lama Yunita Resmi Sari atas kerja kerasnya menekan inflasi sedemikian rupa di Sumsel.

Oleh karena itu pula, kepada Kepala BI Perwakilan Sumsel yang baru diharapkannya dapat mempertahankan pengendalian inflasi seperti selama ini. Mengingat inflasi menjadi penentu yang cukup penting dalam menata laju pembangunan Provinsi Sumsel.

“Kita tahu pemimpin yang baru ini sebenarnya sudah tidak asing. Semoga di bawah kepemimpinannya sinergitas Pemprov Sumsel tetap berjalan. Terutama dalam upaya pengendalian inflasi,” ujar Mawardi.

Sementara itu berdasarkan Surat Keputusan Gubernur BI Republik Indonesia, mengangkat Plt Kepala BI Perwakilan Sumsel Hari Widodo secara resmi menjadi Kepala BI Perwakilan Sumsel menggantikan Yunita Resmi Sari. Selanjutnya mengangkat Yunita Resmi Sari Yunita menjadi Kepala Departemen Pengelolaan Logistik dan Fasilitas BI Pusat. Pengukuhan Kepala BI Perwakilan Sumsel ini ditandai dengan upacara penyerahan petikan surat keputusan sekaligus penyerahan piagam penghargaan kepada Kepala BI Perwakilan Sumsel yang lama Yunita Resmi Sari.

Dalam kesempatan tersebut sejumlah pejabat turut hadir di antaranya Anggota Komisi XI DPR RI Hafiz Tohir, Ketua DPRD Provinsi Sumsel RA Anita Noeringhati, Pangdam II Sriwijaya Mayjen TNI Irwan, dan Kapolda Sumsel Irjen Pol Priyo Widyanto.

Laporan : Akip
Editor/Posting : Imam Ghazali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *