Pemprov Sumsel Serahkan Bantuan PCR Seri Terbaik dengan Biaya Rp 3.8 M ke BBLK Kota Palembang

#Percepat Hasil Tes Covid 19 di Sumsel

Securitynews.co.id, PALEMBANG- Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) memberikan bantuan satu unit alat Polymerase Chain Reaction (PCR) kepada Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) Kota Palembang. Alat ini nantinya diharapkan dapat membantu para tenaga medis lebih cepat mendapatkan hasil tes swab para pasien.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Gubernur Provinsi Sumsel saat menyerahkan alat PCR kepada Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) Kota Palembang, bertempat di Auditorium Bina Praja Pemprov Sumsel Selasa (2/6) Siang.

Herman Deru mengungkapkan, alat ini memiliki sensitivitas yang lebih tinggi terhadap virus Covid-19 sehingga hasil pemeriksaannya bisa diperoleh dalam jangka waktu yang lebih cepat. “Inilah yang menunjukan aktif dan agresifnya Pemprov Sumsel, jadi kita ini real time jadi hasilnya bisa langsung beberapa menit atau jam saja bisa,” katanya.

Menurutnya, bantuan ini akan sangat membantu Tim Gugus Tugas Covid-Covid- 19 dan tenaga kesehatan dalam menangani pasien Covid-19. Terlebih, BBLK Kota Palembang menampung setidaknya lima Provinsi.

“Pemprov Sumsel mengambil langkah dalam hal ini gugus tugas memberikan pada institusinya PCR kepada BBLK dan semoga PCR ini dapat memeriksa secara real time dan lebih banyak lagi, Sumber informasi dari BBLK inilah yang memang menjadi acuan. Saya sebagai kepala daerah yang selalu mengukur keberhasilan gugus tugas yang saya nilai ini bukan di angka-angka ketersediaan dana tapi tentu dari tindakan-tindakan yang dimensinya tidak cuma satu, yakni tiga dimensi antara lain kesehatan, ekonomi dan sosial,” urainya.

Untuk diketahui, bantuan yng diserahkan berupa 1 unit alat Real Time PCR, 5000 kit Reagen PCR, 1 paket BMHP PCR, 1 unit centrifuge dan 1 unit vertical laminar flow cabinet, dengan total nilai keseluruhan Rp. 3,8 miliar.

Sementara itu, Kepala BBLK Palembang, dr Andi Yussianto mengatakan bantuan yang diberikan sangat dibutuhkan bagi pemeriksaan sampel Covid-19 yang masuk. Menurutnya, alat yang diberikan jauh lebih canggih dari yang dimiliki BBLK Palembang saat ini.

“Pemprov Sumsel sangat membantu kami mencapai target dan tidak hanya bantuan PCR tapi juga memberikan saran. bukti nyata dukungannya. Semoga dengan kerja sama yang baik ini dapat menekan angka penyebaran Covid-19 di Sumsel,” tambahnya.

Laporan : Akip/Ril
Editor/Posting : Imam Ghazali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *