oleh

Paripurna ke-3, Harnojoyo Tanggapi Penyampaian Fraksi PKB

Securitynews.co.id, PALEMBANG – Walikota Palembang menyampaikan jawaban pandangan umum fraksi-fraksi DPRD Kota Palembang pada acara Paripurna ke-3, berlangsung di Gedung DPRD Kota Palembang, Senin (20/1/20).

“Saya mengucapkan terima kasih atas penghargaan dari fraksi-fraksi atas pemandangan umum empat Raperda yang disampaikan, Senin (14/1) kemarin,” ujarnya.

Menanggapi fraksi PKB tentang harapan mengantisipasi dan membenahi saluran drainase air yang bertujuan untuk mengurangi intensitas air tergenang, Pemkot Palembang berkomitmen dalam penanggulangan permasalahan banjir.

“Beberapa program dilakukan yakni gotong- royong pembersihan sungai secara konsisten, pembangunan sungai bendung serta pompanisasi yang sudah direalisasikan, juga perbaikan drainase. Diharapkan program tersebut bisa mengurangi secara signifikan bahkan penanggulangan air di Kota Palembang,” ucapnya.

Kemudian, menanggapi lampu jalan di sepanjang jalan utama yang mati di beberapa titik di Kota Palembang, Pemkot Palembang melalui Dinas PUPR-KP terus melakukan patroli mengecek dan memperbaiki lampu jalan mati khususnya jalan utama.

“Kita mengimbau seluruh masyarakat untuk berperan aktif menjaga, memelihara serta menginformasikan tentang lampu jalan mati kepada Dinas PUPR-KP,” ujarnya.

Terkait normalisasi gorong-gorong di pinggir jalan di beberapa titik Koordinat Kota Palembang akibat bangunan yang menutupi, Pemkot di tahun 2020 akan menyelesaikan secara bertahap dengan melakukan kebersihan dan mengutamakan perbaikan gorong-gorong yang rusak sehingga air itu berjalan dengan optimal.

Selanjutnya, penertiban PKL di jalan protokol dan beberapa titik lainnya, Pemkot melalui Sat Pol PP Kota Palembang terus melakukan penertiban dan penindakan di jalan tersebut. Selain itu, Sat Pol PP telah melakukan program usai subuh penertiban dan pembersihan di lokasi pasar tradisional setiap satu minggu sekali.

Untuk pelayanan air bersih PDAM khusus di Kecamatan Sematang Borang, Gandus yang sering mati agar bisa diselesaikan segera mungkin, paling tidak menyediakan air minum untuk sementara waktu.

Harno menjelaskan, PDAM Tirta Musi terus berupaya melakukan perbaikan pelayanan kepada pelanggan. Serta mengembangkan penyediaan air minum baik di hilir maupun di kota.

“Salah satu strategis program Pemkot Palembang tahun 2020-2023 adalah sistem pembangunan air minum. Sehingga permasalahan air minum di daerah tersebut bisa teratasi,” jelasnya.

Di samping itu, terkait parkir liar dan oknum parkir memungut tarif tidak sesuai aturan, hal ini akan menjadi perhatian Pemkot, karena Dinas Perhubungan Kota Palembang ke depan akan menerapkan aplikasi parkir android yang nantinya bisa secara langsung memonitor parkir yang nakal setiap mengambil setoran.

Selain itu, harapan untuk mempercepat pemekaran RT/RW dalam rangka mempermudah pelayanan masyarakat terutama kecamatan yang pertumbuhannya sedang berkembang. Pemkot akan melakukan pengkajian dalam mempercepat pembangunan di Palembang.

“Mengenai sarana dan prasarana pendidikan bangunan sekolah di Kecamatan Sematang Borang dan Gandus. Hal ini menjadi perhatian dan proritas Pemkot Palembang,” ungkapnya.

Sementara itu, meminta Pemkot untuk memperhatikan tentang perusahaan daerah dengan peningkatan yang kurang maksimal dalam pendapatan terutama PD Pasar dan SP2J, nantinya akan menjadi evaluasi untuk ke depan.

“Berharap untuk pengelolaan perpustakaan dari pelayanan SDM, perlengkapan sarana dan prasarana agar lebih baik. Selain itu peninjauan pejabat perusahaan daerah yang tidak mengembangkan PAD. Pemkot bersependapat dan menjadi evaluasi,” tegasnya.

Terkait tunjangan honorer yang berbakti puluhan tahun di Pemkot Palembang akan menjadi perhatian dan pertimbangan. Imbauan DLHK tentang membangkitkan tempat-tempat pembuangan sampah. Pemkot Palembang telah ditindaklanjutinya.

Imbauan Dinsos untuk memperhatikan maraknya anak-anak jalanan di pinggir jalan dan persiapan lampu merah, Dinsos terus melakukan penjangkauan dalam pembinaan anak jalanan. Kemudian terkait pelantikan pejabat sementara atau Plt Pemkot akan mempelajari dan menindaklanjuti usulan tersebut.

Laporan : Akip
Editor/Posting : Imam Ghazali

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed