Pantau Musirawas, Herman Deru Ingatkan Protokol Kesehatan

Securitynews.co.id, MUSIRAWAS- Gubernur Sumsel H. Herman Deru Meninjau Posko Gugus Tugas Penanggulangan Pandemi Covid-19 Kabupaten Musirawas di Kantor Bupati Musi Rawas Muara Beliti, Sabtu (30/5/20).

Gubernur Sumsel Herman Deru mengingatkan kepada Tim Gugus Tugas Kabupaten Musirawas agar mengingatkaan kepada masyarakat bahwa Corona itu ada 3 cluster. “Saya harap Tim Gugus Tugas Kabupaten Musirwas untuk menyampaikan kepada masyarakat bahwa terjangkit Corona itu ada 3 cluster. Di antaranya terjangkit berat komplikasi, terjangkit berat, dan terjangkit ringan bahkan tanpa gejala. Maka di dalam menginformasikan ini betul-betul harus dengan cara yang tepat dan benar,” ujarnya.

Dia juga bangga kepada tim gugus tugas Kabupaten Musirawas atas kerja keras dalam penanganan Covid-19 bahkan kepada masyarakat pun dia berterima kasih karena dirinya belum pernah terdengar penolakan jenazah bahkan tenaga medis yang dilarang pulang.

“Saya bersyukur di Musirawas karena saya tidak terdengar penolakan jenazah yang terjangkit Covid-19 ataupun tenaga medis yang dilarang pulang. Artinya dari Gugus Tugas Musirawas menyampaikan kepada mayarakat itu sudah benar,” tegasnya.

Dia juga kembali mengingatkan tidak hanya di Kabupaten Musirawas saja namun juga di seluruh Kabupaten/Kota se-Sumsel untuk tidak emosional dalam menggunakan anggaran.

“Saya ingatkan lagi bahwa yang sulit itu adalah planing ataupun program kapan jauh perginya Corona maka saya minta jangan emosional dalam menggunakan anggaran. Jadi kita jangan emosional menggunakannya karena virus ini tidak tahu kapan hilangnya,” katanya.

Kendati begitu, dia meminta tidak boleh gagal dalam ekonomi maupun pembangunan. Dia juga berterima kasih kepada Tim Gugus Tugas Kabupaten Musirawas atas kesiagaan yang luar biasa sehingga menjadikan wabah Covid-19 tidak mematikan di sini. Namun dia meminta di balik itu ada tiga dimensi yang harus diperhatikan yaitu kesehatan, ekonomi, dan sosial.

Di sini Gubernur juga menjelaskan terkait New Normal yang tengah digalakkan pemerintah. Menurutnya, dalam menghadapi New Normal di 17 kabupaten/kota se-Sumsel hanya 2 kota di Provinsi Sumsel yang menerapkan PSBB yaitu Kota Palembang dan Prabumulih. Oleh karena itu di 15 Kabupaten/Kota Sumsel ini dia mengajak menuju tata baru yaitu New Normal dengan tetap mengedepankan Protokol Kesehatan.

“Silakan menyesuaikan tinggal waktunya saja sehingga New Normal dibuka tapi tidak dengan euforia. Jadi silakan new normal dengan cara yang benar. Menuju new normal ini tidak melihat hijau, kuning, dan merahnya wilayah namun mantap tidaknya Protokol Kesehatan di wilayah itu,” tegasnya.

Di sela-sela kunjungannya Gubernur Sumsel Herman Deru memberikan bantuan berupa Alat Pelindung Diri (APD), Rapit Test, dan Disinfektan. Ditambah juga bantuan Cairan Pembersih Lantai dari Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Sumsel untuk Pemkab Musirawas.

Sementara itu, Bupati sekaligus Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Musi Rawas Hendra Gunawan mengatakan saat ini Kabupaten Musi Rawas untuk ODP ada 32 orang, PDP 9 orang, kemudian pasien yang positif 17 orang. “Alhamdulilah baru satu 1 bayi yang sembuh dan 16 orang lainnya diisolasi dalam kondisi sehat. Mudah-mudahan semua sehat begitu juga virus ini dapat hilang dari kita,” harapnya.

Hendra juga menyebutkan dalam penangan Covid-19 di Kabupaten Musi Rawas juga telah menyiapkan anggaran dana kurang lebih Rp 133 miliar. Tak hanya itu, Hendra juga mengatakan berbagai bantuan terus digulirkan kepada masyarakat baik bansos dari Pusat ataupun Pemkab Musirawas. “Alhamdulilah bantuan dari pusat hampir seluruhnya terealisasi. Begitu bantuan dari Pemkab terus diberikan bahkan sebelum menyambut lebaran bantuan desa diberikan kepada setiap kepala keluarga,” ungkapnya.

“Terima kasih atas kehadiran dan perhatian langsung dari Gubenrur Sumsel Herman Deru terhadap masyarakat ataupun tim gugus tugas Covid-19 Kabupaten Musirawas,” pungkasnya.

Laporan : Akip
Editor/Posting : Imam Ghazali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *