Minimalisir Penyebaran Covid-19, Gubernur Sumsel Inisiasi Warga Pakai Masker

Securitynews.co.id, PALEMBANG- Sebagai upaya meminimalisir penyebaran pandemi virus korona (Covid-19), Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru menggalakkan kampanye gunakan masker bagi masyarakat di wilayahnya. Hal itu sesuai dengan instruksi pemerintah pusat untuk menekan penyebaran Virus Corona tersebut.

Herman Deru mengatakan penggunaan masker bisa mencegah meluasnya penularan virus. Untuk itu, ia menginisiasi agar masyarakat Sumsel juga menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah.

“Saya mengimbau kepada seluruh masyarakat Sumsel agar menggunakan masker saat di luar rumah. Masker jenis apapun, baik masker kain, masker medis/bedah ataupun masker N95. Ini sebagai upaya agar bisa meminimalisir pencegahan Virus Corona masuk ke wilayah kita,” ucapnya.

Herman Deru menyebutkan, saat ini sudah banyak UMKM di Sumsel yang membuat dan menyediakan masker kain sehingga keberadaan masker kain tidaklah sulit didapatkan. Disebutkan Herman Deru memang masker kain efektivitasnya memang tidak sama dengan masker N95 atau masker bedah untuk mencegah penularan virus korona namun masker kain tetap bisa membantu mengurangi risiko penularan Virus Corona.

“Ketika kita terpaksa harus berada di luar rumah, masker kain bisa digunakan untuk mencegah penularan virus korona dengan syarat kitaa wajib menjaga jarak minimal 1 meter dengan orang lain. Hal ini untuk menghindari paparan droplet atau percikan ketika orang lain batuk, bersin atau sedang berbicara,” jelasnya.

Lalu, kata Herman Deru, sering mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Hal ini diperlukan untuk membunuh virus korona yang menempel di tangan.

Herman Deru menyebut sabun dan deterjen mampu membunuh virus korona dan air mengalir bisa membawa residu virus tersebut dari tangan. “Tapi yang paling penting, sama seperti baju dan celana atau pakaian lainnya, masker kain harus dicuci setiap hari dengan air dan sabun serta tak perlu menggunakan cairan disinfektan,” tandasnya.

Laporan : Dewi/Rill
Editor/Posting : Imam Ghazali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *