oleh

KPU Sumsel Resmikan e-RPP Sriwijaya

Securitynews.co.id, PALEMBANG- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Selatan (Sumsel) meresmikan Rumah Pintar Pemilu Elektronik (e-RPP) Sriwijaya, Senin (30/12) di Aula Demokrasi Sriwijaya, KPU Provinsi Sumsel.

RPP Sriwijaya yang sudah ada sejak 2018 ini merupakan satu dari 9 percontohan RPP yang ada. Pada tahapan Pemilu Serentak 2019 sudah banyak mahasiswa, masyarakat umum, partai politik, dan siswa SMA yang berkunjung. Bahkan mahasiswa yang mengikuti kuliah akhir diadakan di lantai atas sekretariat KPU.

Menurut Ketua KPU Provinsi Sumsel, Kelly Mariana KPU Sumsel mendapatkan kesempatan untuk melakukan digitalisasi rumah pintar pemilu karena baru-baru ini karena dengan berbagai inovasi dan kunjungan KPU RI secara langsung ke RPP Sriwiijaya secara langsung, KPU Sumsel terpilih menjadi salah satu yang terbaik.

“KPU Sumsel sebenarnya sudah memiliki Rumah Pintar Pemilu Sriwijaya sejak 2018.  Dengan berbagai inovasi yang dilakukan dan sudah dikunjungi KPU RI, RPP Sriwijaya terpilih satu di antara sembilan RPP terbaik di Indonesia. Ada KPU Sumatra Barat, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, DI Yogyakarta, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Tengah, dan Sulawesi Selatan. Sembilan KPU provinsi yang menjadi percontohan ini mendapatkan hadiah untuk memulai digitalisasi RPP. Makanya hari ini kita launching e-RPP atau elektronik Rumah Pintar Pemilu,” ujar Kelly.

Kelly menambahkan KPU RI juga memberikan bantuan 2 unit layar sentuh (touch screen). Ini disediakan bagi masyarakat yang ingin mengakses informasi terkait pemilihan umum (pemilu). Menurutnya, saat ini rumah pintar pemilu elektronik (e-RPP) baru menyediakan data pemilu secara nasional.

“Jadi kita punya RPP itu lengkap, data-data Pemilu mulai dari 1955 sampai yang terakhir berupa foto-foto, dokumentasi, informasi berbentuk data. Kita juga punya audio visual, selain juga home cinema untuk bersama-sama menonton sejarah Pemilu,” ujarnya.

Pihaknya akan terus berinovasi dan melakukan pengumpulan ata secara cermat, tidak hanya data secara nasional yang bisa diakses masyarakat, tetapi data pemilu umum di wilayah sumatera selatan (pileg, pilgub, pilwako) juga bisa diketahui masyarakat.

“Di mesin itu semua data tentang Pemilu ada. Untuk mesin satu lagi, jika di tahun 2020 ada anggarannya, KPU Sumsel akan berinovasi dengan memperbanyak mesin touchscreen untuk mengunggah data Sumsel. Sehingga dalam pencarian nanti data anggota DPRD Sumsel akan muncul dengan detail, seperti perolehan suara dan lain-lain. Saat ini kami sedang melakukan pengumpulan data-data untuk membuat konten yang akan diunggah ke mesin touchscreen digital RPP itu,” terangnya.

Tidak hanya bisa diakses mellaui mesin touch screen di Rumah Pintar Pemilu, KPU ke depan juga akan berupaya memberikan kemudahan akses informasi terkait pemilu dan demokrasi di wilayah Sumatera Selatan kepada masyarakat melalui aplikasi yang bisa diunduh melalui ponsel.

“Kami akan buat aplikasinya. Orang-orang tidak perlu datang ke KPU untuk mencari informasi mengenai pemilu, misalnya perolehan suara sah Partai A di Pemilu tahun B sudah bisa langsung dicari di smartphone. Kami ingin menjadi pelopor soal ini. Sebab 9 RPP Provinsi ini sedang berlomba mencari inovasi baru selanjutnya,” pungkasnya.

Laporan : Jean
Posting  : Imam Ghazali

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed