Kapolda Sumsel Hadiri Rapat Kesiapsiagaan Penanganan Corona Virus Disease-19 Wilayah Sumsel

Securitynews.co.id, PALEMBANG- Kapolda Sumsel Irjen Pol. Drs. Priyo Widyanto, MM menghadiri rapat kesiapsiagaan penanganan Corona Virus Disease-19 (Covid-19) di wilayah Provinsi Sumatera Selatan bertempat di Griya Agung Palembang, Sabtu (21/3).

Kegiatan rapat kesiapsiagaan penanganan covid-19 yang digelar di Griya Agung Palembang tersebut, dipimpin langsung oleh Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia (Mendagri) Prof. H. Muhammad Tito Karnavian, Ph.D bersama Gubernur Sumsel H. Herman Deru dan juga dihadiri oleh Pangdam II/Swj Mayjen TNI Irwan, S.I.P., M.Hum., Wakil Gubernur Sumsel H. Mawardi Yahya, Ketua DPRD Sumsel Hj. R.A. Anita Noeringhati, S.H., M.H., Kepala BPBD Sumsel Ir. H. Iriansyah, S.Sos., S.K.M., M.Kes. dan FKPD Provinsi/Kabupaten yang ada di Provinsi Sumsel.

Dalam kesempatan tersebut, Mendagri menyampaikan beberapa hal. Di antaranya, berita baik tentang keadaan Sumatera Selatan meskipun ada Orang Dalam Pengawasan (ODP) namun sementara yang positif masih nol, rapid test dari pemerintah pusat akan dibagikan ke daerah dan nantinya akan digunakan untuk pemeriksaan medis dengan teknis tertentu, dari situ juga kita akan mendapatkan peta bahwa daerah Sumatera Selatan ini apakah ada yang terpapar Covid-19.

Mendagri menambahkan, sambil menunggu rapid test dari pemerintah pusat, tentunya kita harus melakukan kebijakan-kebijakan dengan standarisasi yang sama baik tingkat Provinsi maupun kabupaten/kota yaitu harus melakukan kegiatan edukasi kepada masyarakat tentang apa itu Covid-19 dan kemudian dengan apa saja cara mengantisipasinya, baik memproteksi diri dengan mencuci tangan dengan bersih, menggunakan hand sanitizer, memperkuat daya tahan tubuh dan menjaga jangan sampai tertular, itu ada poin yang paling terpenting.

“Kita harus menjaga jarak atau social distancing minimal 1 (satu) meter, saya hanya berpesan kepada teman-teman yang ada di Sumatera Selatan, kita jaga betul jangan sampai ada penularan dan pahami betul tentang social distancing termasuk kegiatan kerumunan yang mengumpulkan banyak orang. Saya sebagai warga asli Sumsel punya tanggung jawab moral, saya sangat bersyukur saat ini angkanya masih nol, saya berharap Sumsel Insya Allah mudah-mudahan dengan kerja keras kita semua dipertahankan tidak ada kasus Covid-19 di kita apalagi kematian dan kita tetap antisipasi dengan mekanisme atau sistem yang dibuat oleh Gubernur maupun kepala daerah yang ada di Sumsel bisa menjadi sistem/model penanganan di wilayah lain,” papar Mendagri.

Dari sudut ruang rapat tersebut, tampak hadir mendampingi Kapolda Sumsel, Karo Ops Polda Sumsel Kombes Pol. Drs. Djihartono, Dirintelkam Polda Sumsel Kombes Pol. Drs. Budi Sajidin, M.Si., Kabid Dokkes Polda Sumsel Kombes Pol. dr. Syamsul Bahar dan Dansat Brimob Polda Sumsel Kombes Pol. Yudo Nugroho Sugianto, S.I.K.

Laporan : Arju-CW
Editor/Posting : Imam Ghazali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *