Gubernur Ajak PWI Tangkal Berita Hoax

* Jalan Sehat PWI, Gubernur Sumbang Hadiah Umroh

Securitynews.co.id, PALEMBANG – Ratusan peserta mengikuti jalan jehat yang digelar oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) dalam rangka PWI Peduli Road To Hari Pers Nasional (HPN) dan Pekan Olahraga Daerah Persatuan Wartawan Indonesia Sumsel 2020 yang dipusatkan di halaman Kantor Gubernur Sumsel, Minggu (1/12/19) pagi.

Jalan sehat yang menyediakan sejumlah hadiah doorpize berupa sejumlah alat elektronik tersebut dilepas secara langsung oleh Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) H. Herman Deru yang dalam kesempatan itu juga menyiapkan hadiah utama berupa ibadah umroh bagi peserta yang beruntung.

Dalam sambutan singkatnya sebelum melepas peserta jalan sehat digaris start, Gubernur Herman Deru mengharapkan organisasi profesi wartawan khususya yang tergabung dalam PWI Sumsel terus dapat menunjukkan eksistensinya di tengah tantangan zaman yang begitu kompetitif dewasa ini.

“PWI telah banyak berbuat untuk mengedukasi masyarakat, termasuk menjalankan program sosial. Karena itu ke depan saya harapkan kalangan wartawan yang tergabung dalam PWI dapat menjalankan fungsingnya sebagai lembaga kontrol dan profesional dalam menjalankan profesi jurnalisnya,” tegas Herman Deru.

Di era sekarang, lanjut Herman Deru tantangan PWI kian berat. Pesatnya persaingan di tengah terbukanya semua akses informasi. Karena itu dia mengingatkan agar pekerja di bidang media dapat secara jeli melihat peluang dalam pengembangan karier dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi tanpa harus menghilangkan jati diri sebagai seorang pekerja jurnalis yang profesional.

“Saat ini tantangan berbeda dengan beberapa dekade yang lalu. Era keterbukaan ini PWI harus bersaing dengan pesatnya teknologi informasi yang ada melalui jaringan internet, kadang masyarakat mendapatkan berita itu tanpa filter. Saya yakin PWI bisa bertahan dengan segala tantangan yang dihadapi tersebut,” ungkapnya.

Dia juga meminta kepada pengurus PWI Sumsel dapat memberikan pembinaan bagi kalangan pekerja jurnalis pemula mengingat profesi sebagai wartawan tidak semua orang bisa.

“Di era keterbukaan saat ini, PWI juga harus banyak berinteraksi dengan masyarakat. Sehingga produk jurnalistik yang dihasilkan dari seorang wartawan dapat dipertanggungjawabkan dan tidak menjadi kabar hoax yang justru meresahkan masyarakat,” harap Deru.

Sementara itu, Ketua PWI Provinsi Sumsel Firdaus Komar mengucapkan terima kasih atas support dan dukungan Gubernur Herman Deru sehingga acara jalan sehat dalam rangka Peduli Road To Hari Pers Nasional dan Pekan Olahraga Daerah Persatuan Wartawan Indonesia Sumsel 2020 dapat terselenggara dengan lancar.

Firdaus juga mengingatkan para wartawan yang menjalankan tugas jurnalisnya di Sumsel dapat menunjukkan eksistensinya sebagai pekerja jurnalis yang berkompeten, berintegritas dalam rangka mendukung pembangunan di Provinsi Sumsel.

Pelepasan jalan sehat kali ini ditandai dengan pengangkatan bendera start oleh Gubernur Sumsel. Selanjutnya peserta berjalan dengan melintasi sejumlah ruas jalan dalam Kota Palembang. Di antaranya Jalan Kapten A. Rivai, Jalan Radial, Jalan Jendral Sudirman dan finish kembali dihalaman kantor gubernur.

Laporan             : Akip
Editor/Posting : Imam Ghazali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *