oleh

Giri: Pembentukan Kepengurusan Tingkat PAC Lebih Dipercepat

Securitynews.co.id, PALEMBANG – Rapat kerja daerah (Rakerda) PDIP Sumsel digelar di Hotel Vafe, Palembang, Selasa (25/02/2020). Dalam kesempatan itu, Ketua DPD PDIP Sumsel, Giri Ramanda N Kiemas meminta untuk menghadapi Pilkada serentak maka pembentukan kepengurusan tingkat PAC lebih dipercepat.

Giri menuturkan, untuk pengumuman calon bupati akan diumumkan dalam waktu dekat, namun sepenuhnya kewenangan pusat. Dari 7 daerah baru Musirawas yang resmi didukung yaitu Devi.

“Saat ini sudah ada puluhan nama yang diumumkan sebagai rekomendasi untuk diusung. Di Sumsel sendiri baru satu nama,” kata Perwakilan Dewan Pengurus Pusat (DPP) PDI Perjuangan, Mindo Sianipar.

Sementara itu, satu nama tersebut yakni Devi Suhartoni-Inayatullah yang direkomendasikan pada Pilkada Kabupaten Musirawas Utara 2020. Dijelaskannya, pemberian rekomendasi ini berdasarkan usulan dari DPC dan DPD. Kemudian, akan dilakukan survey dan kajian.

Saat ini baru satu yang diselesaikan yakni di Musirawas Utara. Sedangkan, daerah lainnya di Sumsel belum dilakukan. Dikarenakan, masuknya usulan ke meja DPP terlambat, sehingga membutuhkan waktu untuk survey dan kajian. Apalagi, saat ini ada 271 usulan yang masuk ke DPP PDI Perjuangan.

“Bukan dikarenakan ada hambatan. Kami akan mengeluarkan surat rekomendasi apalagi untuk petahana,” tegasnya.

Lebih lanjut dia menuturkan, mungkin rekomendasi ini nantinya akan dikeluarkan secara bertahap. Mengingat, pendaftaran Bakal Calon (Balon) Bupati masih lama yakni Juni mendatang. Kendati demikian, para kader sudah mengetahui siapa saja yang direkomendasikan. Hanya saja belum dikeluarkan secara tertulis.

“Ya, seperti inilah PDI Perjuangan mengeluarkan rekomendasi sebagai kajian dan juga kehati-hatian kami,” ucapnya.

“Untuk target PDI Perjuangan sendiri, ia mengaku pihaknya harus realitas karena tentu banyak pesaing dalam Pilkada Serentak ini. PDI Perjuangan menargetkan menjadi pemenang utama seperti tahun sebelumnya. Di atas 40 persenlah,” bebernya.

Di tempat yang sama, Ilyas Panji Alam yang saat ini menjabat sebagai Bupati Ogan Ilir (OI) Sumsel bakal maju sebagai calon Bupati dalam Pilkada serentak 2020 di Kabupaten OI, Sumsel. Bahkan, calon petahana ini diprediksi bakal memborong kursi partai dengan berpasangan koalisi Golkar.

Ilyas mengakui saat ini memang belum dikeluarkan rekomendasi. Namun, dirinya telah menyetor sejumlah nama untuk mendampinginya maju dalam Pilkada di OI, Sumsel.

Menurutnya, saat ini semua partai berpeluang untuk berkoalisi. Namun, yang paling realitis PDI Perjuangan berkoalisi dengan Golkar seperti tahun lalu. Mengingat, kedua partai merupakan partai pemenang dengan jumlah kursi Golkar sebanyak 8 kursi sedangkan PDI Perjuangan sebanyak 7 kursi. Artinya, ada 15 kursi dari total 40 kursi.

“Kami membuka juga peluang untuk bagi partai lain untuk berkoalisi. Siapa yg mau tentu kami akan ajak bergabung,” katanya.

Untuk persiapan, ia mengaku sejak jauh hari dirinya telah mempersiapkan diri dengan turun ke masyarakat. Apalagi, dirinya menjabat sebagai Bupati. Menurutnya, masyarakat OI sudah pintar dalam menentukan pilihan karena itu, dirinya meyakini jika Pilkada di OI akan berjalan lancar dan aman.

Hal senada diungkapkan Balon Bupati PALI petahana, Heri Amalindo. Ia mengaku membuka peluang untuk partai lain berkoalisi dalam Pilkada serentak di PALI. Bahkan, sejumlah nama telah disetor untuk mendampinginya maju Pilkada serentak di PALI, Sumsel. “Kita lihat hasil rekomendasinya,” pungkasnya.

Laporan : Dewi
Editor/Posting : Imam Ghazali

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed