Gedung SMPN 3 Telangu Banyuasin Rusak Parah

* Sarana Sekolah pun Tak Layak Pakai

Securitynews.co.id, BANYUASIN- Gedung sekolah sebagai salah satu sarana kegiatan belajar mengajar tentu memerlukan kenyamanan yang cukup dan memadai, supaya para siswa dapat belajar dengan tenang. Namun itu tidak terjadi dengan SMPN 3 Banyuasin III yang terletak di Telangu Kabupaten Banyuasin, hampir sebagian besar ruang kelas sudah tidak layak untuk dipakai kegiatan belajar.

Dari Hasil Sidak Komisi IV DPRD Banyuasin dipimpin Herawati di lokasi Senin (16/3), sebagian besar ruang kelas rusak dan sebagian besar atap bagian luar juga sudah banyak yang keropos dimakan usia. Sepertinya ini harus mendapatkan penanganan yang lebih dari pihak Pemkab Banyuasin.

Bukan hanya gedung sekolah tetapi pintu, jendela, meja, kursi, dan papan tulis pun sudah tidak layak disebut sebuah sekolah negeri. Belum lagi tembok-tembok yang catnya sudah kusam dan sebagian mengelupas sepertinya sudah lama tidak pernah dicat. Dan yang lebih memprihatinkan lagi lantainya sudah banyak berlobang, nyaris tak bersemen lagi.

Kepala SMPN 3 Banyuasin III Kabupaten Banyuasin, Gusrina Rita, mengatakan pihaknya sudah mengajukan proposal untuk mendapatkan bantuan dari Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah, namun sampai saat ini belum ada kabar.

“Gedung ini sudah lama tidak mendapatkan bantuan, saya bertugas ke sini bulan 11 tahun kemarin keadaannya sudah begini,” tuturnya, Senin (16/03/2020).

Gusrina juga menambahkan bahwa siswa yang bersekolah di sini sampai tahun ini berjumlah 30 siswa yang sebagian besar berasal dari sekitar sekolah. “Kita berharap Jalan Tanjung Menang juga segera dibuka jadi siswa banyak yang masuk ke sekolah kita karena sudah ada akses jalan,“ harapnya.

Memang kalau melihat gedung yang ada di SMPN 3 BA III ini, seharusnya sudah sejak tahun-tahun sebelumnya mendapatkan bantuan, baik yang bersumber dari DAK maupun dari bantuan yang lain. Namun kenyataannya sudah bertahun-tahun belum tersentuh bantuan.

Sementara itu Ketua Komisi IV Herawati mengatakan akan menanyakan dan mengusulkan kepada Pemerintah untuk menganggarkan pembangunan Gedung SMPN 3 BA III.

“Memang kondisi SMP Negeri 3 Telangu ini sangat memprihatinkan. Kita akan mengusulkan ke Dinas Pendidikkan Kabuaten Banyuasin untuk segera menganggarkan perbaikkan sekolah tersebut,” tandasnya.

Laporan : Deni
Editor/Posting : Imam Ghazali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *