Dukung Program Pemerintah Pusat, Banyuasin Terapkan BLUE

Securitynews.co.id, BANYUASIN- Bukti Lulus Uji Elektronik (BLUE) akan segera diberlakukan di Banyuasin tinggal menunggu anggaran untuk membeli mesin cetaknya, Kamis (9/01).

Kadishub Banyuasin, Anthony Liando. (foto: deni)

BLUE menggantikan bukti lulus uji KIR yang dulunya berbentuk buku. BLUE terdiri dari dua sertifikat tanda lulus uji, dua stiker hologram dengan QR Code yang ditempel pada kaca depan kendaraan dan satu Smart Card dengan teknologi NFC.

Data seperti identitas kendaraan, foto fisik kendaraan dari empat sisi, hingga data hasil pengujian berkala disimpan dalam format digital. Data-data tersebut dapat diakses dengan memindai QR Code pada stiker hologram. Bisa juga dengan menempelkan smart card ke smartphone yang sudah memiliki fitur NFC.

Digitalisasi data hasil uji KIR ini diharapkan dapat meminimalisasi praktik pemalsuan identitas kendaraan maupun hasil uji berkala yang kerap dilakukan pada kendaraan angkut.

Selain meminimalisasi risiko pemalsuan data kendaraan dan hasil uji KIR, BLUE juga menawarkan beberapa kelebihan lain.

Data dalam BLUE terintegrasi dengan jembatan timbang dan terhubung secara nasional. Jadi ketika kendaraan dari luar daerah masuk ke jembatan timbang, identitas kendaraan, data uji berkalanya tetap dapat diakses dan yg paling penting lagi adalah BLUE harganya lebih Efisien. Stiker Hologram dan Smart Card yang berlaku untuk satu tahun ini pun pembayarannya pada Bank BUMD atau Bank Persepsi yang bekerja sama dengan dinas perhubungan setempat.

Pengesahannya pun tidak memerlukan birokrasi yang panjang karena tanda tangan pejabat dibubuhkan dalam format digital. Jika ada penggantian pejabat yang berwenang dalam pengesahan bisa diperbarui secara datanya, sehingga setiap bukti lulus uji berkala lebih valid.

”Pemberlakuan BLUE di Banyuasin ini merupakan implementasi dari kebijakan pemerintah pusat,” tegas Kadishub Banyuasin, Anthony Liando.

Laporan             : Deni

Editor/Posting : Imam Ghazali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *