Diduga Bangub 100 Juta Belum Terealisasi, Warga Dewa Sebane Desak Plt Kepala Desa

Securitynews.co.id, PALI- Diduga belum terealisasinya Bantuan Gubernur untuk Desa Persiapan, maka masyarakat Desa Persiapan Dewa Sebane Kecamatan Talang Ubi, Kabupaten Penukal abab lematang ilir PALI mendesak Plt Kepala Desa Persiapan Dewa Sebane agar dapat melakukan musyawarah desa guna membahas dan merealisasikan Bantuan Gubernur tersebut.

”Kita tahu pada Rabu (07/10/2020) tahun lalu di Griya Agung Palembang, Gubernur Sumsel Herman Deru telah mengucurkan bantuan Rp. 7,7 miliar untuk beberapa kabupaten yang ada di Sumatera Selatan. Termasuk Kabupaten Pali, dengan nilai Rp 100 juta untuk satu desa persiapan dengan alasan bisa membantu administrasi serta dapat menjalankan kegiatan di desa persiapan tersebut.

Namun yang di lakukan Hamdani selaku Plt Kepala Desa Dewa Sebane Kecamatan Talang Ubi Kabupaten Pali diduga mengecewakan masyarakat. Sebab dikatakannya, sampai saat ini bantuan dari Gubernur Sumsel belum terealisasikan.

Hal sebagaimana dikatakan warga Dewa Sebane yang enggan disebutkan namanya Rabu (20/01/2021) lalu. ”Saya mewakili masyarakat Desa Dewa Sebane ingin mengajak Plt kepala desa agar dapat melakukan musyawarah terkait bantuan gubernur senilai Rp. 100 juta mengingat sudah berjalan beberapa bulan bantuan disalurkan oleh Gubernur Sumsel agar dapat terealisasikan sesuai aturan yang ada,” ungkapnya saat diwawancarai.

Namun sejauh ini dari Plt kepala desa belum ada tanggapan ataupun musyawarah untuk membahas bantuan gubernur tersebut. ”Jadi kami mendesak kepada Plt desa untuk segera melakukan musyawarah,” tegasnya lagi.

Perlu diketahui Rincian peruntuhan bantuan keuangan Provinsi Sumatera Selatan Tahun 2020 mengacu pada surat Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Provinsi Sumatera Selatan nomor 900/62/DPMD-1/2020 Tanggal 27 Januari 2020 perihal bantuan keuangan Pemerimtah Provinsi Sumatera Selatan untuk Desa Persiapan tahun 2020.

Seperti yang dijelaskan A. Gani Akhmad
selaku Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir PALI pada media online.

”Dengan bantuan senilai Rp. 100 juta agar dapat di realisasikan. Yang pertama untuk operasional PKK dan seragam PKK sebesar Rp 25 juta, kedua untuk kegiatan kepemudaan dan olah raga serta pengadaan seragam sebesar Rp 15 juta. Lalu yang ketiga untuk operasional dan kegiatan posyandu sebesar Rp 10 juta. Keempat operasional kepala desa dan perangkatnya sebesar Rp 25 juta. Kelima pengadaan sarana dan prasarana kantor desa sebesar Rp 20 juta, keenam untuk alat tulis kantor dan pelaporan sebesar Rp 5 juta,” Papar A Gani.

Agar tepat sasaran, A Gani meminta desa induk untuk ikut memantau penyaluran dana Bangub tersebut.
Sementara itu Plt Kepala Desa Persiapan Dewa Sebane, Hamdani saat dikonfimasi melalui Pesan WhatsApp dengan nomor +62 852-796*-** hingga Kamis 28/01/2021 belum memberikan tanggapan ataupun jawaban mengenai perihal tersebut.

Laporan : Gustian
Editor/Posting : Imam Ghazali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *