Di Usia ke 78 Kabupaten Musi Rawas Semakin Mantap

Securitynrws.co.id, MUSI RAWAS – (20/4) Bertempat di gedung DPRD Kabupaten Musi Rawas (Mura), sidang Paripurna istimewa memperingati hari jadi Kabupaten Mura ke 78 yang mengusung jargon Mura Mantap berlangsung khitmad.

Pada paripurna itu tampak hadir Gubernur Sumatera Selatan, Bupati Mura dan Ketua DPRD Mura dan beberapa kepala daerah tetangga serta kepala OPD dan jajaran. Pemerintah Kabupaten Mura.

Pimpinan sidang paripurna Ketua DPRD Mura Azandri menyampaikan, peringatan hari jadi Mura kali ini sangat istimewa di tengah situasi kebiasaan baru yang juga diharapkan akan menjadi momentum intropeksi untuk pelaksanaan pembangunan di Musirawas pada masa mendatang.

“Harapan kita semua di tahun 2021 ini, Pebangunan di daerah kita akan lebih mantab sesuai dengan visi misi Musi Rawas Mantab,” ucap Azandri.

Bupati Mura Hj. Ratna Machmud dalam sambutannya mengatakan, diusia Kabupaten Mura ke 78 memberi kesan sangat berarti karena bertepatan dengan tahun pertama dirinya bersama Wabup Hj. Suwarti memimpin Mura untuk mewujudkan Mura Mantap (Maju, Mandiri dan Bermartabat).

Hj Ratna Machmud juga menayangkan, Video Profile perkembangan pembangunan Mura hingga usia 78 Tahun serta program pembangunan yang akan dikerjakan dimasa mendatang. Di antaranya menonjolkan keberhasilan pembangunan destinasi pariwisata, berhasil mewujdukan pembangunan Mura religius, penerapan pemerintahan cepat dan tepat berbasis teknologi informasi. Dia juga memprogramkan satu mobil ambulan setiap desa. Infrastruktur jalan mulus juga menjadi target pasangan Hj. Ratna Machmud dan Hj Suwarti dimasa kepemimpinan keduanya lima tahun ke depan.

“Bapak Gubernur kita patut berbangga daerah ini telah banyak mencapai prestasinya. Namun IPM menunjukan penurunan di tahun 2020, demikian juga dengan angka kemiskinan meningkat di tahun 2020. Selain itu permasalahan kesehatan jadi masalah penting untuk dituntaskan ujar Ratna.

Lanjut Ratna Untuk menyelesaikan permasalahan tersebut pihaknya telah menyusun program prioritas diantaranya melalui program sekolah gratis, program kesehatan gratis, peningkatan SDM melalui program beasiswa bagi siswa berprestasi. Serta peningkatan infrastuktur dasar, peningkatan sektor pertanian dan penerapab layanan berbasis teknologi.

“Semua ini mustahil akan dapat kami capai tanpa ada sokongan dan dukungan dari pak Gubernur,” harapnya.

Sementara itu Gubernur Sumsel Herman Deru saat menyampaikan sambutan mengatakan, lahirnya Kab. Mura di Tahun 1943. saat ini berusia 78 tahun menandakan daerah itu usianya sudah mapan kendati demikian Mura harus berpacu kembali membangun infrastruktur karena aset asetnya secara sukarela diberikan pada Kota Lubuk Linggau yang dilahirkannya.

“Tahun ini kita akan bantu daerah ini membangun Rumah Sakit Umum Daerah yang lokasinya benar-benar di daerahnya. Selain itu juga akan kita bangun pasar komoditas yang tanahnya milik pemprov yang proses hibahnya akan kita lakukan dalam waktu dekat,” ucapnya.

Terkait dengn 9 program prioritas yang akan dijalankan di Mura, Herman Deru menilai, semua programnya cukup mantap. Namun dalam pelaksanaannya harus direncanakan secara matang. Deru juga mengemukakan dalam waktu dekat akan kita hibahkan lahan untuk pembangunan pasar, Begitu juga dengan pembangunan rumah sakit. Standarnya setiap kabupaten/kota harus ada rumah sakit minimal tipe B.

“sebagai kado ulang tahun ke 78 Kabupaten Musi Rawas, tahun ini akan kita bangunkan RSUD yang modern,” tegasnya.

Herman Deru juga berharap terkait kontraksi angka-angka IPM Kabupaten Mura, agar tidak menjadi konsumsi Politik. karena semua negara mengalami dampak dari Pandemi Covid.

“Begitu juga isu Covid untuk dapat disikapi dengan wajar dan tidak berlebihan dengan tetap menerapkan prokes 3 M. Berpikir tidak ego sektoral demi kelanjutan proses pembangunan dengan tetap berjaga-jaga,” tegasnya.

Herman Deru juga meningkatkan untuk mencapai tarap hidup masyarakat dibutuhkan kerjasama semua pihak, Berbagai upaya dilakukan pemprov dalam mempercepat tercapainya kesejahteraan rakyat. Terakhir dalam sambutannya Gubernur mengucapkan selamat hari jadi Kabupaten Mura ke 78 Tahun.

“Dirgahayu kabupaten Mura ke 78. Semoga Muari Rawas, Maju, Mandiri dan Bermartabat. Mura Mantap,” pungkasnya.

Laporan : Rudi Tanjung
Posting  : Imam Ghazali