oleh

Data RSMH 3 Pasien Positif Covid-19

Securitynews.co.id, PALEMBANG- Berdasarkan data di Rumah Sakit Muhammad Husin (RSMH) terdapat 3 pasien positif Covid-19, 7 pasien dalam pengawasan (PDP), dan 99 orang dalam pemantauan (ODP).

Hal tersebut diungkapkan Direktur Utama RSMH dr.Bambang Eko Sunaryanto, Sp.KJ, MARS saat jumpa pers, Rabu (1/4/2020).

Bambang Eko Sunaryanto mengatakan, berdasarkan data 31 Maret 2020 yakni ODP yang memeriksakan diri di RSMH berstatus ODP 99 orang, PDP 7 orang, dan positif Covid-19 sebanyak 5 orang yang tiga masih dirawat. “Untuk pasien yang dinyatakan negatif 13 orang. Yang masih positif dirawat, kondisinya tidak ada yang diventilator,” ujarnya.

Lebih lanjut dia menuturkan, tenaga medis di RSMH terbatas. Sehingga tidak bisa direkrut ke tempat lain. “Staf di RSMH ini bertindak sebagai pendidik, pelatih, dan supervisor. Kita sebagai konsultan, kita diminta dokter paru dan perawat untuk wisma atlet Jakarta. Tapi kita lihat SDM kita yang terbatas. Kalau untuk di Jakabaring, itu bisa kita bantu, karena cukup dilatih beberapa jam saja,” bebernya.

Bambang mengungkapkan, Covid-19 ditularkan lewat bersin, batuk yang tidak ditutup, sehingga terhirup orang lain yang berjarak kurang dari satu meter. Selain itu, orang tersebut tidak memakai masker. “Kalau memakai masker, itu bisa menyaring 92 persen virus, 8 persennya tidak ganas. Sehingga tidak membuat penyakit. Selain itu, biasakan mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun,” katanya.

Bambang mengimbau, agar masyarakat tidak menstigma orang yang dirawat dan dinyatakan negatif. “Dengan hasil negatif, Insya Allah tidak ada virusnya. Yang lebih berbahaya menularkan adalah orang yang ODP, PDP, dan orang tanpa gejala (OTG) yang tidak memeriksakan diri,” paparnya.

Sementara itu, Ketua Tim PIE RSMH dan Juru Bicara Satgas pencegahan dan Penangulangan Covid-19. dr.Zen Ahmad,Sp.P menambahkan, sampai saat ini belum ada panduan khusus untuk sembuh dari Covid-19. “Kita memberikan obat yang bisa menurunkan virus. Selain itu, kita berupaya agar pasien meningkatkan daya tahan tubuh. Kita berharap pasien 3 orang yang positif yang dirawat ini, bisa sembuh,” pungkasnya.

Laporan : Mita
Editor/Posting : Imam Ghazali

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed