oleh

Bupati Lantik Pengurus Karang Taruna Banyuasin Periode 2020-2025

Securitynews.co.id, BANYUASIN- Bupati Banyuasin Askolani SH MH melantik kepengurusan Karang Taruna Kabupaten Banyuasin masa bakti 2020-2025 di Auditorium Pemkab Banyuasin, Selasa (14/01/2020).

Turut hadir dalam acara ini Wabup Banyuasin Slamet Sumosentono SH, Wakil Ketua DPRD Banyuasin Noor Iswanto, Sekda Banyuasin DR. H.M. Senen Har S.Ip M.Si, Ketua TP PKK Dr Sri Fitri Askolani, Ketua Dharma Wanita Persatuan Hamida Senen, Pimpinan Cabang Bank Sumsel Babel Ahmad Suharmanto, Ketua Karang Taruna Provinsi Sumatera Selatan dan rombongan, pejabat muspida, Branch Manajer PT Taspen Kartinan Slamet SR, Camat se-Kecamatan Banyuasin dan pengurus Karang Taruna dari kecamatan dan desa.

“Atas nama Pemerintahan Kabupaten Banyuasin, saya ucapkan selamat atas dilantiknya Pengurus Daerah (PD) Karang Taruna masa bakti 2020-2025, semoga dapat mengemban amanah dengan sebaik-baiknya,” ujar Askolani selaku Pembina Umum PD Karang Taruna Kabupaten Banyuasin, Selasa (14/01/2020).

Menurut Askolani, Karang Taruna merupakan wadah pengembangan generasi muda yang tumbuh dan berkembang atas dasar kesadaraan dan tanggung jawab sosial dari, oleh dan untuk masyarakat, khususnya generasi muda di wilayah desa/kelurahan.

Karang Taruna didirikan dengan tujuan antara lain terwujudnya kesejahteraan sosial yang semakin meningkat bagi generasi muda di desa/kelurahan yang memungkinkan pelaksanaan fungsi sosialnya sebagai manusia pembangunan yang mampu mengatasi masalah kesejahteraan sosial di lingkungannya.

Masih kata Askolani, karang taruna dan KNPI atau organisasi lainnya harus bersinergi. Dalam membantu pemerintah daerah kabupaten Banyuasin mewujudkan Banyuasin Bangkit, Adil, dan Sejahtera.

Jumlah penduduk usia produktif ini menjadi modal bagi Indonesia menyongsong Indonesia emas pada tahun 2045 atau 100 tahun Indonesia merdeka. Ini merupakan bonus demografi ibarat pedang bermata dua, satu sisi berkah jika kita berhasil mengambil manfaatnya, namun satu sisi lain adalah perbaikan yang membutuhkan kualitas manusia Indonesia.

Oleh karena itu, lanjut Askolani, kepengurusaan karang taruna masa bakti 2020-2025, diharapkan dapat menggali segala aspek yang menyangkut permasalahan kesejahteraan sosial di masing-masing wilayah sesuai karakteristik yang ada sekaligus menghasilkan rumusan, model maupun strategi penanganan permasalahan kedepan sehingga secara bertahap tapi pasti grafik permasalahan kesejahteraan sosial khususnya di Kabupaten Banyuasin dapat diatasi.

Karang Taruna dan organisasi lainnya adalah mitra yang penting sebagaimana yang telah dilakukan oleh pemerintah seperti pembangunan di sektor pertanian, kesehatan, pendidikan, pariwisata dan juga UMKM yang merupakan kegiatan usaha yang mampu memperluas lapangan pekerjaan dan memberikan pelayanan ekonomi secara luas kepada masyarakat usia produktif pemuda di Kabupaten Banyuasin.

Di sinilah arti pentingnya karang taruna yang diharapkan dapat mendukung pelaksanaan peningkatan kesejahteraan sosial, antara lain dengan memosisikan diri sebagai pelaksana pendampingan sosial yang dapat menjembatani program pemerintah dalam menggerakkan masyarakat dan potensi kesejahteraan sosial lainnya, khususnya kepada generasi muda.

Sementara itu Ketua Karang Taruna Arpani, mengucapkan terima kasih atas kepercayaan serta mandat yang diberikan kepadanya untuk memimpin karang taruna.
”Ke depan, akan melanjutkan tongkat estafet pengabdian senior saya Bung Roni Utama yang telah 5 tahun mengibarkan panji kehormatan karang taruna Kabupaten Banyuasin,” ujarnya.

Karang Taruna sebagai tenaga penggerak pembangunan kesejahteraan sosial memiliki peranan yang cukup besar dalam pembangunan masyarakat, untuk dapat meningkatkan potensi dan peran aktifnya, diperlukan upaya koordinasi, kolaborasi, komunikasi dan kerjasama antarkarang taruna. ”Dengan kata lain koordinasi konstruktif dengan pemerintah kabupaten selaku pembina fungsional sehingga apa yang kita kerjakan kedepan dapat seiring dan sejalan sesuai dengan makna hakiki dari keberadaan karang taruna,” tandasnya.

Pengukuhan dan Pelantikan Karang Taruna kali ini mengusung Tema, “Dengan pengukuhan pengurus karang taruna Banyuasin, kita wujudkan Generasi Milenial yg kreatif, Unggul, Mandiri dan Berdaya saing menuju Banyuasin Bangkit dan Indonesia Maju.”

Laporan : Deni
Editor/Posting : Imam Ghazali

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed