oleh

Bisnis Sabu Paket Rp 1,2 Juta, Anggara Divonis 6 Tahun

Securitynews.co.id, PALEMBANG – Lantaran berbinis sabu senilai Rp. Rp.1.200.000 (1,2 juta) untuk dijual lagi, terdakwa M. Anggara (27) warga Jalan Aiptu A Wahab Lorong Jumanten I Kelurahan Tuan Kentang Kecamatan Jakabaring Palembang diganjar hakim hukuman pidana selama 6 tahun penjara.

Majelis Hakim Mangapul Manalu SH MH dalam amar putusannya menyatakan, terdakwa Muhammad Anggara telah terbukti secarah sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana tanpa hak atau melawan hukum memiliki, menyimpan, menguasai Narkotika Golongan I bukan tanaman sebagaimana diatur dan diancam pidana dalam Pasal 112 Ayat (1) UU RI Nomor 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika.

“Mengadili dan menjatuhkan pidana penjara terhadap terdakwa Muhammad Anggara dengan pidana penjara selama 6 (enam) Tahun. Menyatakan pidana Denda sebesar Rp. 800.000.000, Subsidair 3 bulan penjara, menyatakan barang bukti berupa 1 paket narkotika sabu dibungkus plastik kecil bening berat netto 0,252 gram, 1 buah kantong plastik plif kosong, 1 buah timbangan digital,1 buah korek api gas yang sudah dimodifikasi 1 buah sekop yang terbuat dari pipet plastik, 1 buah bong/alat isap sabu yang terbuat dari botol plastik berikut pirek kaca (dirampas untuk dimusnahkan),” ucap Majelis Hakim, kepada terdakwa secara Telekonferensi di sidang Pengadilan Negeri Palembang Klas IA Khusus, Kamis (21/04/2020).

Ternyata vonis hakim yang diberikan terhadap terdakwa tersebut lebih ringan 1 tahun dibandingkan tuntutan yang diberikan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Syarif Sulaiman SH, karena sebelumnya JPU menuntut terdakwa hukuman pidana penjara selama 7 tahun Denda Rp. 800 juta subsidair 3 bulan.

Untuk diketahui, Rabu tanggal 27 November 2019 sekira pukul 00.30 WIB, bertempat di Jl. Aiptu A Wahab Lr. Jumanten Kelurahan Tuan Kentang Kecamatan Jakabaring Palembang. Berawal saat Terdakwa Muhammad Anggara menghubungi Junai (Belum tertangkap) melalui via telepon dengan maksud memesan narkotika jenis sabu sebanyak 1 paket seharga Rp. 1.200.000, dan meminta untuk diantarkan ke rumah saksi Bayu yang merupakan sepupu terdakwa yang beralamat di Jalan Aiptu A Wahab Lorong Jumanten I Kelurahan Tuan Kentang Kecamatan Jakabaring Palembang.

Tidak berselang lama datang Junai menemui terdakwa yang berada di rumah saksi Bayu dengan membawa 1 paket narkotika jenis sabu yang telah dipesan oleh terdakwa serta Junai memberikan timbangan, alat pengisap sabu (bong), plastik klip kosong, pipet plastik dan korek api gas kepada terdakwa dengan maksud untuk disimpan/ dititipkan di rumah saksi Bayu tersebut. Lalu setelah Junai meninggalkan rumah saksi Bayu datang saksi petugas beserta Tim Polsek Seberang Ulu I Palembang yang sebelumnya sedang melakukan Patroli dan mendapatkan informasi dari masyarakat bahwa di Jalan Aiptu A Wahab Lorong Jumanten Kelurahan Tuan Kentang Kecamatan Jakabaring Palembang terdapat Muhammad Anggara yang sering melakukan pesta narkotika jenis sabu.

Ketika berada di lokasi tepatnya di dalam rumah saksi Bayu lalu saksi petugas beserta tim langsung mengamankan terdakwa yang saat itu sedang menggunakan narkotika jenis sabu seorang diri di dalam rumah tersebut serta mengamankan barang bukti berupa timbangan, alat penghisap sabu (bong), plastik klip kosong , pipet plastik dan korek api gas yang berada tepat didepan terdakwa. Selanjutnya terdakwa memberikan keterangan bahwa 1 paket narkotika jenis sabu tersebut adalah milik terdakwa sendiri yang dibeli dari Junai (Belum tertangkap) seharga Rp. 1.200.000,- sedangkan barang bukti berupa timbangan, alat pengisap sabu (bong), plastik klip kosong , pipet plastik, dan korek api gas adalah milik Junai yang sebelumnya Junai menitipkan barang bukti tersebut ke terdakwa. Kemudian saksi petugas beserta tim langsung membawa terdakwa Muhammad Anggara beserta barang bukti ke Polsek Seberang Ulu I Palembang untuk diproses lebih lanjut.

Laporan : Syarif
Editor/Posting : Imam Ghazali

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed