Bimtek Kinerja Guru Menuju Guru Profesional

SecurityNews.Co.Id Palembang – Bimbingan Teknis Penilaian Kinerja Guru dan Penilaian Angka Kredit Guru Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan digelar di Hotel Swarna Dwipa Palembang, 11 – 13 November 2020.

Kasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) Dinas Pendidikan Provinsi Sumsel Anang Purnomo Kurniawan ST mengungkapkan, acara hari ini adalah penilaian kinerja guru dan penilaian angka kredit guru.

“Kalau penilaian kinerja guru artinya setiap tahun sebagai tenaga fungsional ada capaian poin poin yang harus dipenuhi, untuk mencapai angka kredit tertentu. Itu rutin setiap tahun, dan bisa juga untuk kebutuhan naik pangkat,” ungkapnya.

“Untuk bimtek kinerja guru ini kita ingin menyampaikan kepada guru hal-hal yang harus dilakukan, supaya memiliki predikat guru profesional, mulai kemampuan pedagogik dan kemampuan teknis lainnya,” jelasnya.

Untuk peserta, Kurniawan menuturkan, berasal dari guru dari 17 kabupaten dan kota. Untuk penilai angka kredit ini ada 15 orang tim penilai yang sudah sertifikasi.

“Harapan kita profesional guru dapat meningkat. Sehingga bisa menghasilkan peserta didik yang berkualitas dan berdaya saing untuk mewujudkan Sumsel Maju Untuk Semua, dan di dunia pendidikan Sumsel Cerdas dan Tuntas, yang dimulai dari gurunya,” bebernya.

Kurniawan menambahkan, guru biasanya dengan zona nyaman susah berinovasi. “Kita ingin guru jadi pemicu yang menunjukkan kinerjanya secara real. Karena Bapak Gubernur ingin kerja dan hasil nyata serta konkrit. Jadi setiap kegiatan outputnya berbasis data,” tambahnya.

“Saya berpikir guru ini dibuat kriterianya berdasarkan inovasinya. Jadi guru inovasi dan tidak ada inovasi, itu ada datanya,” tutupnya.(Akip)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *