Antisipasi Karhutla, Polres Muba Gelar Latihan

Securitynews.co.id, SEKAYU- Untuk mengantisipasi terjadi karhutla, maka Polres Muba bersama Babinkamtibmas Polsek Jajaran, Babinsa Kodim, BPBD Muba, Manggala Agni, dan Sat Pol PP Muba melakukan pelatihan peningkatan kemampuan personel dalam rangka pencegahan, penanganan dan penegakan hukum bencana karhutla di wilayah hukum Polres Musi Banyuasin, Rabu (22/07/2020).

Kapolres Musi Banyuasin AKBP Yudhi Surya Markus Pinem SIK bersama narasumber dari Manggala Agni sebelum melaksanakan Simulasi memberikan arahan dan teknis tentang penanganan karhutla juga sekaligus Pelatihan Simulasi Penanggulangannya.

“Latihan peningkatan kemampuan ini dalam rangka pencegahan, penanganan, dan penegakan hukum bencana karhutla di Kabupaten Muba,” tegas Kapolres.

Dikatakan Yudhi, para peserta yang mengikuti latihan dan simulasi diharapkan dapat benar-benar memahami prosedur penanganan karhutla di Bumi Serasan Sekate.

“Saat ini kita sudah memasuki musim kemarau. Kita harus siap, mulai pencegahan, penanganan, hingga penegakan hukum,” jelasnya.

Kemudian, acara dilanjutkan dengan kegiatan teknis di lapangan yang dibagi menjadi empat tim. Mulai dari tim patroli, tim bantuan pemyemprotan, tim lapis, dan tim kesehatan yang langsung dipraktikkan oleh Tim Penanggulangan Karhutla Muba.

“Kita sudah mulai melakukan pencegahan dengan sosialiasi kepada masyarakat dan perusahaan agar tidak membuka lahan dengan cara membakar. Jika itu tetap dilakukan atau dilanggar, sanksi hukumnya dapat berlaku,” tandas Kapolres.

Laporan : Herry/Sony
Editor/Posting : Imam Ghazali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *