Aneka Buah Lokal Sumsel Dipamerkan di Griya Agung

Securitynews.co.id, PALEMBANG – Warga  Sumatera Selatan (Sumsel) dapat menikmati  aneka buah  lokal dari 17 Kabupaten/kota di  daerah ini dalam festival buah dan produk pertanian unggulan  ke-3 Tahun 2020 digelar Pemerintah Provinsi Sumsel dimulai, Jumat (10/1/20)  hingga dua hari ke depan dipusatkan di halaman Istana Gubernur Griya Agung Palembang.

Sejumlah aneka buah-buahan lokal yang dipamerkan di antaranya buah durian, manggis, nanas, mangga, dan aneka buah lokal lainnya hasil  pertanian dan perkebunan dari sejumlah daerah di Sumsel.

Gubernur Sumsel  H. Herman Deru  yang diwakili Asisten III Bidang Administrasi dan Umum Setda  Prov. Sumsel Prof Eduar Juliartha  dalam arahannya menyambut baik digelarnya festival buah ini sebagai salah satu destinasi unggulan selain untuk melestarikan aneka buah lokal hasil pertanian Sumsel juga untuk menarik  kalangan pelancong  untuk datang ke Sumsel menikmati secara langsung manisnya buah-buahan hasil pertanian dan hasil hutan Sumsel.

“Acara ini sangat luar biasa sebagai salah satu upaya kita  dalam memajukan sektor pertanian dan perkebunan Sumsel,” tegasnya.

Lebih lanjut dia menambahkan, Sumsel memiliki potensi luar biasa bidang pertanian dan perkebunan  yang harus dikelola dengan baik untuk kesejahteraan masyarakat tanpa merusak alam sekitar.

“Kita tahu Sumsel adalah daerah yang penuh potensi salah satunya pertanian. Kita berharap momentum ini membawa dampak yang baik bagi Provinsi Sumsel kedepan,” imbuhnya.

Sementara itu  Raimar Kusnadi selaku ketua pelaksana kegiatan festival buah menyebutkan, kegiatan ini merupkan ke tiga kalinya digelar dan mendapatkan dukungan penuh dari  Gubernur Sumsel H. Herman Deru    sebagai salah satu upaya meningkatkan semangat petani untuk mendukung penuh taget Sumsel Lubung Pangan Nasional.

“Kita ingin  ikut  berkontribusi dalam ketahanan pangan di Indonesia. Adapun dalam festival buah kali ini kita melibatkan 122 stand yang terdiri atas  pelaku UMKM yang menampilkan sejumlah produk hasil pertanian termasuk buah-buhan,” tandasnya.

Hadir serta dalam pembukaan pameran  festival buah kali Ketua TP PKK Sumsel Hj. Febrita Lustia Herman Deru beserta  Wakil Ketua TP PKK Sumsel Hj. Fauziah Mawardi Yahya dan sejumlah pejabat penting lainnya.

Pameran produk petanian dalam festival buah kali ini juga mendapatkan sambut  dan antusias dari warga secara bergelombang datang memadati setiap stan yang memamerkan aneka produk dan buah-buahan. Apalagi ada stand yang mengeratiskan pengunjung untuk menikmati buah durian secara gratis.

Laporan             : Dewi

Editor/Posting : Imam Ghazali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *