oleh

Cegah Covid-19, Ruang Tahanan Disemprot Disinfektan

Securitynews.co.id, PALEMBANG – Demi mengantisipasi dan mencegah agar para tahanan tidak terpapar Covid-19 (Corona), tim gabungan Pemprov Sumsel, bekerjasama dengan Biddokes dan Brimob Polda Sumsel, serta BPBD Sumsel, Rabu (18/3) melakukan penyemprotan desinfektan di ruang tahanan Klas 1 Pakjo Palembang.

Kepala Rutan Klas 1A Palembang, Mardan SH mengapresiasi kegiatan penyemprotan disinfektan guna mencegah penyebaran virus corona yang dilakukan oleh tim satgas gabungan dari Pemprov Sumsel terhadap penghuni rutan.

“Kami tentunya sangat mengapresiasi setinggi-tinggi apa yang telah dilakukan oleh pihak Pemprov Sumsel terhadap warga Sumsel khususnya warga binaan rutan ini dengan cara melakukan penyemprotan disinfektan keseluruh ruangan-ruangan yang ada di dalam lingkungan rutan sebagai upaya mencegah penyebaran pandemi virus Covid-19,” ujar Mardan.

Adapun selain upaya penyemprotan yang dilakukan oleh pihak Pemprov Sumsel, Rutan Klas 1 Pakjo sendiri sebagaimana Standar Operasional Prosedur (SOP) dalam mengantisipasinya tidak hanya terhadap warga binaan namun juga seluruh pegawai dengan menyediakan masker, cairan hand sanitazer, serta sosialisasi bagaimana menerapkan hidup bersih setiap harinya.

“Sebagaimana arahan dari Menteri serta Dirjen Lembaga Pemasyarakatan melalui Kanwil Kemkumham Sumsel terhadap keluarga yang ingin berkunjung untuk sementara dihentikan dahulu hingga 14 hari kedepan, sambil menunggu perkembangan selanjutnya. Jadi kita harapkan kepada pihak keluarga dari warga binaan untuk memakluminya,” pesan Mardan.

Berdasarkan pantauan yang didapat, sejumlah pewarta nampak telah menunggu di luar gedung, tidak diperbolehkan masuk oleh petugas di gedung Rutan Klas 1 Pakjo Palembang. Sementara itu informasi yang didapatkan puluhan petugas gabungan serta Dinas Kesehatan Provinsi Sumsel sejak pukul 10.00 Wib telah melakukan penyemprotan di seluruh ruangan hunian narapidana.

Selain ruang tahanan petugas gabungan pemprov tersebut juga melakukan penyemprotan di luar gedung terutama di ruang layanan pemasyarakatan yang berada disisi kiri gedung utama Rutan Klas 1 Pakjo Palembang.

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sumsel, H Nasrun Umar yang ikut mengawasi jalannya kegiatan penyemprotan mengatakan bahwa kegiatan ini adalah sebagai upaya dalam bentuk pencegahan penyebaran Virus Corona yang dilakukan para stakeholder yang dicanangkan oleh pihak Pemprov Sumsel.

“Berdasarkan instruksi Gubernur Sumsel, hari ini kita melakukan penyemprotan Disinfektan guna mengantisipasi dan mencegah penyebaran Virus Corona yang saat ini sedang terjadi di beberapa wilayah di Indonesia terutama di wilayah Sumsel, salah satunya kita lakukan penyemprotan di Rutan Klas 1A Palembang ini bersama-sama dengan pihak stakeholder baik itu Dinkes, BPBD, Dokkes serta Brimob Polda Sumsel,” ucap Sekda ditemui usai kegiatan penyemprotan Disinfektan.

Nasrun mengimbau, kepada warga seluruh masyarakat Sumsel khususnya, agar tidak panik dalam hal menyikapi penyebaran virus corona yang saat ini sedang terjadi, yang penting harus selalu waspada.

Laporan : Syarif
Editor/Posting : Imam Ghazali

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed